Re:L

R: 09 Instalasi RStudio untuk hidup yang lebih baik

Logo R

Daripada menggunakan terminal atau bisa disebut CLI based, akan lebih baik kita gunakan fasilitas IDE yang telah tersedia untuk R bernama Rstudio. Rstudio dapat diunduh melalui website officialnya langsung rstudio.com, atau agar memudahkan bisa ikuti link berikut ini, Unduh RStudio.

Pilih opsi unduhan sesuai dengan sistem operasi masing-masing, saya menggunakan sistem operasi Ubuntu 20.04 LTS maka saya pilih Ubuntu 18/Debian 10 dengan format file .deb, lihat gambar di bawah.

Download RStudio Official

Setelah diunduh silakan masuk ke direktori tempat file unduhan, untuk instalasi .deb di Ubuntu bisa gunakan perintah sudo dpkg -i <nama_package>.deb seperti contoh di bawah.

Install RStudio di Ubuntu

Jika instalasi terdapat pesan error seperti gambar di atas, kita dapat lakukan perintah sudo apt -f install. Pesan error tersebut terjadi ketika kita menginstall package dari file .deb menggunakan dpkg namun sistem operasi belum memiliki package lain yang mendukung package yang kita install, dalam hal ini rstudio.

Memperbaiki Package yang dibutuhkan untuk RStudio

Setelah instalasi package pendukung telah selesai dan berhasil, Rstudio dapat dicek menggunakan launchpad (Ubuntu) dengan mengetikkan “rstudio” yang akan memunculkan ikon Rstudio.

Membuka RStudio melalui Ubuntu launchpad

Berikut tampilan awal dari Rstudio.

Tampilan Awal RStudio di Ubuntu

Selamat, instalasi telah selesai dan bisa digunakan untuk mulai mengeksekusi program dari R. Di artikel selanjutnya saya akan mulai menuliskan artikel pembahasan R menggunakan Rstudio. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.